Sunday, September 21, 2008

ABUNDANT GRACE

Beberapa hari yang lalu aku baru saja Pra-pendadaran (pendadaran=sidang, red.)
Aku gak nyangka bisa nyampai tahap ini secepat ini.. karena aku tau posisiku berada dimana.
Penelitian aja baru aku selesaikan sekitar akhir agustus, lalu analisisku aku kerjakan langsung setelah itu, namun selang waktunya kan bentar banget dengan saat ini, tapi puji Tuhan skripsiku dah selesai dalam waktu yang sesingkat itu, padahal (bukannya aku memamerkan tingkat kesulitan skripsiku krn aku tau tiap org punya kesulitan masing2) aku meneliti tiga lokasi penelitian, n otomatis, untuk pembahasan n analisis jadi ada 4 sub-bab yang harus aku kerjakan..
coba liat.. betapa mustahilnya aku mengerjakan itu semua dalam waktu yang singkat banget klo dengan kekuatanku sendiri..
NO. It's not becos of my strength!
Itu semua karena pertolongan Tuhan!!
Dia yang membuat segala sesuatu yang mustahil di mataku menjadi sesuatu yang nyata!
Tuhan sudah membuktikan janji2Nya dalam setiap firmanNya padaku..

Aku ngerasa banget, gimana aku menjalani ini semua krn pertolongan Tuhan.. bayangin aja, selama 2 minggu aku bener2 konsen ngerjain TA doank, tidur juga pagi2 jam 3 atau 4, n kadang krn ngejar target tidur jam 6 bangun jam 8. Klo bukan karena pertolongan Tuhan, aku pasti udah jatuh sakit dengan semua yang kualami itu.. n krn pola hidup yg spt itu juga, tubuhku mulai lemah, n sempat mual2 juga, kirain kena hepatitis A, tapi puji Tuhan banget, Ia tidak membiarkanku jatuh sakit agar aku bisa tetap mengerjakan TA ku.
sampai kmrn, dosenku yg termasuk dosen perfeksionis bisa menyuruh aku untuk maju ujian pra-pendadaran secepat itu, krn apa coba klo bukan krn kasih karunia Tuhan..
aku yakin bukan krn hasil kerjaku yg dah bagus bgt, tapi krn Bapa yang melembutkan hati dosenku itu.. aku bener2 gak nyangka, jawaban doa ini yang kuterima dari Bapa..

betapa terharunya aku pada tgl 17 kmrn, dimana aku harus mengumpulkan buku skripsiku sebanyak rangkap 2 di pengajaran sebelum jam 3 sore.. pd waktu itu, TA ku blm slesai semuanya, krn waktunya mepet bgt, n krn ujian pra ini mendadak, sehingga aku bener2 belum siap. skripsi belum selesai semua, n terpaksa aku banting tulang bgt dari pagi mpe pagi besoknya, cm tidur 2 jam krn ngantuk bgt. bener2 nonstop bekerja demi mengejar pengumpulan.. gak sempat sarapan, gak sempat ngapa2in, cm nyelesaiin itu..
aku sempet pusing n mual2 lagi (mungkin krn dipaksa bgt), tapi aku terus2 nolak penyakit itu dalam nama Yesus, n akhirnya pergilah penyakit itu.. n akhirnya jam 12.30 telah datang, aku dah panik bgt.. 'aduhh.. gimana ini semua.. malah belum diprint lagi.. harus ngeprint 230an halaman, sempat gak yah? mana kesimpulan dan saran belum selesai lagi..' Jujur aku emg panik bgt kala itu, krn dikejar oleh time limit..
lalu aku print, ehh.. malah printer temenku ngadat, printer temen satu lagi habis warna, n printerku sendiri lagi rusak. bertambah panik lah aku.. lalu aku buru2 ke rental, gak sempet mandi, langsung berangkat gitu aja..
puji Tuhan bgt rentalnya bisa ngusahain pake laser jd ngeprintnya cepet. jadi gak enak juga sih ama si mbak2 nya krn aku desak2 spy cepet.. n aku nyelesaiin yg kurang di rental itu.. aku masih harus membuat kesimpulan dan saran, n tau kan bab ini sebenarnya bab yang paling inti.. sementara aku udah ngerasa gak sanggup lagi utk berpikir, otakku serasa gak jalan lagi, tangan n kakiku udah gemetaran krn aku kecapean bgt n gak ada energi yang masuk. jari2ku hanya bisa kuletakkan di atas keyboard n aku cm bisa duduk terdiam tanpa melakukan apapun. dalam hati aku hanya bisa menangis "Tuhaann.. gimana ini semua?? aku gak sanggup lagi Tuhaann!!" waktu itu, rasa2nya aku dah pengen nyerah aja sama keadaan, skripsi belum diprint, gak tau sempat apa gak waktunya, belum dijilid juga, n bab terakhir pun belum kelar. aku dah pgn nyerah aja! tapi ada dorongan di hati yang bilang gini "dev, masa Tuhan udah bukakan jalan utk kau bisa cepat maju tapi knp malah nyerah?" Kata2 itu sungguh menguatkan aku.. aku paksakan diriku lagi mengerjakan kesimpulan, aku blg ke Tuhan, "Tuhan, tolong tuntun aku, aku gak ngerti harus nulis apa di saat ini Tuhan, aku dah panik bgt, dah gak kuat lagi Bapa..". Saat itu, aku ketik aja apa yang terlintas di benakku, tanpa peduli apa itu benar apa salah.. n akhirnya, jam 2 selesailah semua print2an tersebut, lalu aku buru2 masukin ke fotocopian untuk dijilid.
n u know?
jam setengah 3 semuanya udah beres! masih sisa setengah jam utk menyerahkan skripsi itu..
ohh.. amazing!!!


n akhirnya, setelah pengumpulan itu, keluarlah jadwal pra-pendadarannya..
n ternyata.. besoknya aku periksa lagi hasil kesimpulan yg aku tulis itu.. tau gak, ternyata yg aku tulis itu adalah kesimpulan yg benar!! ntah pemikiran darimana bisa aku dapat untuk nulis seperti itu, klo bukan berkat tuntunan Tuhan..

sungguh luar biasa perbuatan Tuhan Yesus.. bener2 gak nyangka bisa secepat ini, krn dosen pengujiku pun adalah dosen yg sibuk bgt, tapi Tuhan kasih aku jalan seperti ini..
n di saat ujian pra kmrn pun, Tuhan sungguh2 memberikan kasih karunianya, aku kira aku bakal dibantai habis2an krn aku merasa TA ku gak perfect, tp ternyataa... dosen penguji tidak membantai sama sekali, hanya meminta tambahan.. HOW GREAT IS MY GOD!

dan sekarang, aku makin merasakan bahwa kasih karunianya Tuhan itu besar banget! sampai meluap n berlimpah2.. so abundant grace! padahal aku memutuskan untuk mundur dari pelayanan untuk HUT Gereja krn pgn fokus utk TA ku, aku kirain Tuhan bakal marah n gak mencurahkan berkatnya lagi.. tapi ternyata,, kasihNya gak pernah berubah.. Ia tetap setia, n kasih yang dicurahkanNya malah berlipat kali ganda..

teman,, aku cuma bisa bilang, dalam setiap apapun langkah hidup kita, andalkanlah Tuhan, n utamakan Tuhan dalam hidup, maka terlaksanalah segala rencanamu..
seorang devi bukan apa2 klo tidak bersama Tuhan Yesus.. :)

'Tuhan adalah penolongku.
Aku tidak akan takut.
Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?'
(Ibrani 13:5)


be blessed yah!

1 comment:

all about me and my life said...

cayooo....
Impossible is nothing with Our Lord Jesus
God Bless U
:)